Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Serta Keutamaan Membacanya

Ayat Kursi – Dalam tuntunan keislaman, Ayat Kursi adalah harta karun keutamaan. Dalam riwayat yang terdapat pada hadis oleh Ubay bin Ka’ab, ayat ke-225 dalam Surah Al-Baqarah adalah inti dari segala inti dalam Al-Qur’an. Dalam keindahannya, setiap kalimat pada bacaan Ayat Kursi membawa makna mendalam mengenai keutamaan dan manfaat spiritual. Saat seseorang menjadikan Ayat Kursi sebagai amalan sehari-hari, malaikat akan bersiaga, melindungi mereka dari segala bentuk keburukan, terutama di saat berada di luar rumah.

Lebih dari sekadar pengertian harfiah, Ayat Kursi juga mengandung rahasia keberkahan yang melimpah. Begitu pentingnya, praktik membaca Ayat Kursi sebelum tidur membawa berkah istimewa. Allah dengan kemurahan-Nya mengutus dua malaikat, menjaga tidur dengan penuh kelembutan hingga pagi menjelang. Dalam catatan sejarah yang agung, Nabi Muhammad memperlihatkan keteladanan dengan membaca Ayat Kursi sebelum memasuki rumah, menjadikannya pagar kokoh yang menghalangi segala tipu daya syaitan.

Keindahan bacaan Ayat Kursi melampaui kata-kata, mengajak umatnya pada perjalanan spiritual yang mendalam. Dalam setiap lafalnya, terkandung kearifan hakiki yang melindungi dan memberkahi kehidupan orang yang tekun membacanya. Bukan hanya sekedar rangkaian kata, Ayat Kursi adalah petunjuk hidup, memandu manusia menuju kedamaian dan ketentraman batin. Itulah keajaiban dari Ayat Kursi, harta tak ternilai yang menyinari kegelapan, membimbing jiwa menuju cahaya kebijaksanaan dan keberkahan ilahi.

Bacaan ayat kursi

Berikut ini adalah bacaan ayat kursi lengkap, mulai dari text arab, latin dan juga terjemah ayat Kursi. Simak selengkapnya dibawah ini:

Bacaan ayat kursi Arab

 

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Keutamaan Bacaan Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi adalah salah satu anugerah ilahi yang mengandung kebijaksanaan mendalam dan keberkahan yang tak terbatas. Dalam dunia spiritual, Ayat Kursi dianggap sebagai harta karun yang membawa berbagai keutamaan bagi yang mengamalkannya.

Berikut ini keutamaan membaca Ayat Kursi selengkapnya:

1. Membuka Pintu Kelimpahan

Amalan Ayat Kursi membuka pintu rezeki sebesar samudera. Antum yang menjalankan bacaan ini dengan tekun akan mendapatkan kelimpahan yang tak terbatas dari Allah Swt. Ayat Kursi tidak hanya memperluas pintu rejeki material, tetapi juga membuka pemahaman terhadap ilmu pengetahuan baru. Ini adalah berkah luar biasa yang Allah limpahkan agar manusia lebih mudah mendekati kebaikan dan menjauhi segala hal yang buruk dalam kehidupan.

2. Dikabulkan seluruh doa

Ayat Kursi adalah cahaya doa yang membuka jalan menuju langit-langit rahmat Allah. Setiap doa yang diucapkan dengan tulus dan dilandasi oleh Ayat Kursi akan diijabah oleh-Nya. Sebagaimana terdapat dalam riwayat yang disampaikan oleh Ibnu Majah, doa-doa yang bermula dari hati yang tulus dan diiringi dengan Ayat Kursi akan diterima oleh Allah dengan keajaiban yang luar biasa. Antum yang berdoa dengan penuh keyakinan dan melibatkan Ayat Kursi akan mendapati bahwa Allah adalah Maha Pemurah dan Maha Pengabul doa.

Dalam Hadist Disebutkan:

Artinya “Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

3. Diperkenankan Masuk Syurga

Ayat Kursi, dengan keutamaannya yang luar biasa, disarankan untuk dibaca harian, khususnya usai menjalankan salat fardhu. Salah satu alasannya adalah Allah akan memberikan izin kepada Antum yang rajin mengamalkan Ayat Kursi untuk masuk syurga dengan limpahan rahmat-Nya yang tiada terhingga. Ayat ini menjadi kunci suci yang membuka pintu surga bagi mereka yang menghampiri-Nya dengan tulus dan ikhlas.

Artinya “Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap salat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati.” (HR. Thabrani).

4. Pencerahan Ilmu Pengetahuan

Dengan membaca Ayat Kursi sebanyak 50 kali dan mengonsumsinya dengan air hujan, Allah membuka pintu pengetahuan. Pikiran terbuka, memahami ilmu pengetahuan dengan lebih mudah dan mendalam.

5. Perlindungan dari Kefakiran

Membaca Ayat Kursi sebelum memasuki rumah adalah perisai dari kefakiran. Allah menghindarkan Antum dari segala bentuk ketidakcukupan dan menyuguhkan kelimpahan.

6. Keamanan di Perjalanan

Selama perjalanan, membaca Ayat Kursi membawa kelancaran. Allah memudahkan langkah, melindungi Antum dari keberatan perjalanan, dan membimbing kembali dengan selamat.

7. Pertolongan dan Kelapangan Hati

Dengan membaca Ayat Kursi sebanyak 170 kali, Allah memberikan pertolongan, memudahkan segala hajat, meringankan pikiran, dan meluaskan rezeki. Rasa duka pun terangkat dari hati, digantikan oleh kedamaian.

8. Pengawalan Ilahi Selama Tidur

Sebelum tidur, membaca Ayat Kursi adalah undangan kepada dua malaikat. Mereka menjaga Antum dengan penuh kelembutan, melindungi tidur dari gangguan hingga fajar menyingsing. Dalam keheningan malam, Ayat Kursi menjadi penjaga setia.

Dalam setiap bacaan Ayat Kursi, terbentanglah jembatan yang menghubungkan hamba dengan Yang Maha Kuasa. Melalui ketaatan dan keyakinan, manusia merasakan kehadiran-Nya yang ajaib dalam setiap lafal Ayat Kursi. Semua manfaat ini, dan lebih banyak lagi, menanti Antum yang dengan penuh keikhlasan mempersembahkan bacaan yang agung ini kepada Sang Pencipta.

Check Also

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Yang Bisa Dipetik

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir  – Keimanan kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan landasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *