Doa Sapu Jagat Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Sapu Jagat – Doa Sapu Jagat adalah doa singkat yang sangat bermakna dalam Islam. Dengan doa ini, umat berharap mendapatkan kebaikan serta perlindungan dari Allah SWT dalam kehidupan mereka, baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW pun memberikan perhatian khusus terhadap doa ini, menunjukkan pentingnya dalam praktik keagamaan.

Doa ini, meskipun singkat, memuat makna yang amat dalam. Ketika umat berdoa dengan doa Sapu Jagat, mereka memohon kepada Allah SWT untuk memberikan berbagai kebaikan, termasuk kesehatan, kelancaran rezeki, dan keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

Dalam ajaran Islam, doa Sapu Jagat dianggap sebagai sarana untuk memperoleh keselamatan dan keberkahan. Dengan merenungkan arti doa ini dan mengamalkannya, umat beriman dapat merasakan manfaat spiritual yang mendalam serta mendapat keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk mengamalkan doa ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lafadz Doa Sapu Jagat dan Artinya

Doa Sapu Jagat Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Sapu Jagat bukanlah hadis, namun merupakan kutipan dari Al-Quran, tepatnya dari Surat Al-Baqarah ayat 201. Doa ini memiliki keistimewaan tersendiri karena berasal langsung dari sumber utama ajaran Islam.

Untuk Moms yang ingin mengamalkannya, berikut ini adalah lafazh dan arti Doa Sapu Jagat yang bisa dipahami dengan mudah. Dengan memahami makna doa ini, Moms dapat merasakan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

Doa Sapu Jagat merupakan doa yang sangat kerap diucapkan oleh Rasulullah SAW, menunjukkan keutamaannya yang besar.

Penggunaan doa ini secara berulang menandakan betapa pentingnya doa tersebut dalam praktik keagamaan.

Bahkan, kesaksian dari para sahabat Rasulullah SAW mengonfirmasi keistimewaan doa ini, sebagaimana tercatat dalam berbagai riwayat hadis yang ada.

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya: “Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār, ’’” (HR Bukhari dan Muslim).

Fadhilah Doa Sapu Jagat

Dalam buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa (2013), disampaikan tentang keutamaan dan keistimewaan Doa Sapu Jagat menurut pandangan para ulama. Ini mengungkapkan betapa pentingnya doa ini dalam praktik keagamaan umat Islam.

1. Memperoleh Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Menurut Al-Qurthubi, Doa Sapu Jagat digunakan sebagai sarana untuk memohon kebaikan dalam kehidupan dunia, seperti ketenangan, keselamatan, dan rejeki yang cukup.

Selain itu, para ulama lain juga berpendapat bahwa membaca Doa Sapu Jagat secara rutin memberikan manfaat dalam mencapai kebaikan di akhirat, seperti mendapatkan surga dari Allah SWT. Dengan demikian, doa ini dianggap memiliki dampak positif yang signifikan bagi kehidupan umat Islam baik di dunia maupun di akhirat.

2. Perlindungan dan Kebajikan

Doa Sapu Jagat diyakini memiliki kekuatan untuk mengabulkan berbagai hajat dan permohonan yang diinginkan oleh individu. Selain itu, doa ini juga sering dipanjatkan untuk memohon perlindungan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, memperoleh ilmu yang bermanfaat, serta terhindar dari segala bentuk bahaya.

Lebih dari itu, doa ini menjadi sarana untuk memohon rezeki yang halal dan berlimpah serta kesempatan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan. Dengan demikian, praktik mengucapkan Doa Sapu Jagat dianggap membawa berkah dan perlindungan dari Allah SWT dalam berbagai aspek kehidupan.

3. Terhindar dari Celaka

Doa Sapu Jagat memiliki fungsi yang penting dalam menjauhkan diri dari berbagai keburukan di dunia, seperti fitnah dan sifat-sifat tercela. Selain itu, doa ini juga ditujukan untuk menghindarkan diri dari siksaan neraka, sehingga seseorang dapat selamat di padang mahsyar dan mendapatkan keringanan dalam perhitungan amal di akhirat.

Dengan mengucapkan Doa Sapu Jagat, seseorang juga dibantu untuk menjauhkan diri dari segala hal duniawi yang diharamkan oleh Allah SWT. Ini menunjukkan bahwa doa ini memiliki peran penting dalam memelihara kebaikan dan keselamatan, serta mendukung umat Islam dalam menjalani kehidupan dengan penuh keimanan.

4. Perlindungan Kesehatan Mental dan Fisik

Menurut NU Jabar, konsep “fi al Dunya Hasanah” menyiratkan kebaikan dalam kehidupan dunia. Para ahli tafsir menjelaskan bahwa konsep ini mencakup tiga dimensi penting, yaitu dimensi rohani (mental dan spiritual), dimensi jasmani (tubuh), dan dimensi sosial.

Dalam dimensi rohani, kebaikan mencakup kecerdasan intelektual, moral, dan kesejahteraan mental. Sementara itu, dalam dimensi jasmani, kebaikan meliputi kesehatan tubuh, kebebasan dari cacat atau luka, kekuatan fisik, dan keindahan. Di sisi lain, dalam dimensi sosial, kebaikan termasuk kemampuan finansial (ekonomi) dan pemeliharaan harga diri.

Dengan demikian, konsep “fi al Dunya Hasanah” menyiratkan perlindungan menyeluruh terhadap kesehatan mental dan fisik, serta keselamatan sosial dalam kehidupan ini.

5. Menjauhkan Diri Dari Keburukan

Menurut Fakhr al-Din al-Razi, seorang ahli tafsir terkemuka, konsep kebaikan di dunia melibatkan hidup dalam keamanan, memiliki keturunan yang saleh, pasangan hidup yang berakhlak mulia, rezeki yang mencukupi, dan terhindar dari kekerasan.

Di sisi lain, Ibnu Katsir, seorang ahli tafsir lainnya, menjelaskan bahwa doa ini mencakup segala tindakan yang membawa kebaikan dan menjauhkan dari berbagai bentuk keburukan. Kebaikan di dunia meliputi kesehatan tubuh, ketenangan, tempat tinggal yang luas, pasangan hidup yang baik, rezeki yang mencukupi, pengetahuan yang bermanfaat, amal baik, kenyamanan dalam perjalanan, dan pemeliharaan harga diri. Dengan demikian, praktik menjauhkan diri dari keburukan adalah bagian penting dalam menjalani kehidupan yang penuh keberkahan dan kesejahteraan.

6. Kebaikan di akhirat Yaitu kebahagiaan dan surga

Kebaikan di akhirat meliputi kebahagiaan dan surga, sebagai harapan yang tercermin dalam doa ini. Dengan demikian, doa ini mencerminkan aspirasi untuk mendapatkan kebaikan yang mencakup dimensi rohani, jasmani, dan sosial dalam kehidupan di dunia, serta kebahagiaan di akhirat.

Doa Sapu Jagad Sering Dibaca Rasulullah pada Malam Lailatul Qadar

Pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan, Nabi Muhammad SAW memanfaatkan kesempatan untuk mengajarkan praktik i’tikaf kepada umatnya.

Meskipun i’tikaf dapat dilakukan pada berbagai waktu dan untuk durasi yang berbeda, Imam Syafi’i berpandangan bahwa bahkan sesaat pun sudah cukup jika dilakukan dengan niat yang tulus.

Namun demikian, Nabi Muhammad selalu melakukan i’tikaf selama sepuluh hari dan malam terakhir bulan puasa.

Selama periode ini, Rasulullah menyisihkan waktu untuk beribadah, berzikir, merenung, dan membaca Doa Sapu Jagat.

Doa yang kerap diucapkan oleh Nabi Muhammad tidak hanya sekadar permohonan untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkokoh langkah dalam mencapai kebaikan tersebut.

Hal ini mencerminkan prinsip bahwa doa harus didukung oleh tindakan dan usaha, sehingga menciptakan peluang dan kemampuan untuk meraih kebaikan yang diinginkan.

Penutup

Dengan mengenal bacaan Doa Sapu Jagat beserta arti dan keutamaannya, diharapkan kita dapat memperdalam keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Doa ini menjadi salah satu sarana untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta serta memperoleh keberkahan dalam setiap langkah kehidupan.

Semoga setiap kali kita membaca doa ini, dapat menguatkan keyakinan kita bahwa Allah senantiasa mendengar doa-doanya, dan bahwa memohon kebaikan di dunia dan akhirat adalah langkah penting dalam perjalanan spiritual kita. Dengan kesadaran akan makna dan keutamaan doa ini, semoga kita senantiasa diarahkan untuk melakukan amal-amal baik, menghindari keburukan, serta menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Check Also

Doa Shalat Hajat, Arab Latin dan Terjemahannya

Doa Shalat Hajat, Arab Latin dan Terjemahannya

Doa Shalat Hajat – Ketika kita memiliki kebutuhan mendesak, dianjurkan untuk melakukan shalat hajat dan memohon …