Doa Shalat Hajat, Arab Latin dan Terjemahannya

Doa Shalat Hajat – Ketika kita memiliki kebutuhan mendesak, dianjurkan untuk melakukan shalat hajat dan memohon kepada Allah SWT. Shalat hajat biasanya terdiri dari minimal dua rakaat, seringkali dilakukan pada malam hari.

Setelah menyelesaikan shalat, kita menyampaikan kebutuhan kita kepada Allah, memulainya dengan pujian kepada-Nya dan membaca shalawat untuk Rasulullah saw.

Selanjutnya, kita membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw sebagai berikut:

Doa Shalat Hajat, Arab Latin dan Terjemahannya

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn. 

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Doa setelah Sholat Hajat diatas mencakup beragam ungkapan yang menggambarkan pujian kepada Allah, pengakuan akan keesaan-Nya, permohonan ampunan, dan harapan untuk pemenuhan kebutuhan. Dalam doa tersebut, kita menyatakan pengagungan terhadap kebesaran-Nya, mengakui bahwa hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan dan kebutuhan kita. Selain itu, kita juga memohon ampunan-Nya atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan.

Semoga dengan melaksanakan shalat hajat beserta doanya ini, membuka jalan bagi yang memanjatkannya agar Allah SWT mengabulkannya. Dengan ikhlas dan tulus, kita mengharapkan agar Allah SWT mendengar dan mengabulkan setiap doa yang kita panjatkan, serta menjadikan doa ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan meresapi makna doa dan melaksanakan shalat hajat dengan sepenuh hati, kita memperkuat ikatan spiritual kita dengan Sang Pencipta, semoga kita senantiasa mendapatkan rahmat dan hidayah-Nya.

Check Also

Bacaan Takbiran Lengkap Arab Latin Dan Terjemahnya

Bacaan Takbiran Lengkap Arab Latin Dan Terjemahnya

Bacaan Takbiran – Hari Raya Idul Fitri 1445 H akan segera tiba. Pada momen ini, terdapat …